Loading...
  • (0361) 461280
BUMDes Kesiman Kertalangu Jadi Percontohan Tingkat Nasional

BUMDes Kesiman Kertalangu Jadi Percontohan Tingkat Nasional

DENPASAR, POS BALI - Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menunjuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerta Sari Utama, Desa Kesiman Kertalangu menjadi contoh BUMDes Berinovasi di Indonesia. Ditunjuknya BUMDes Kesiman Kertalangu karena memiliki inovasi aplikasi Bumdesku.
Koordinator Bidang Pengembangan Inovasi Daerah Badan Litbang Kemendagri, Jonggi Tambunan, saat meninjau edukasi subak di Ekowisata Desa Kesiman Kertalangu, Selasa (20/4), mengatakan, aplikasi Bumdesku yang dimiliki Kesiman Kertalangu adalah aplikasi berbasis Android yang dirancang sebagai digital marketing produk yang dijual oleh BUMDes. Pelanggan atau konsumen bisa mengunduh aplikasi Bumdesku melalui play store dengan menginput di kolom pencarian “Bumdes Kerta Sari Utama”. Konsumen dapat melakukan pemesanan dengan memilih produk yang diinginkan dan jumlah pesanan.
Menurutnya, display produk yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut sangat bagus dan rapi. Pembeli juga bisa melakukan pembayaran dengan transper, COD atau bayar di tempat. Selain itu, aplikasi ini juga melakukan perhitungan otomatis untuk pembeli grosir atau diskun. Tidak hanya itu Bumdes ini juga memberikan layanan antar secara gratis. “Aplikasi ini sangat bagus untuk bisa dijadikan contoh di seluruh Indonesia, supaya desa lainnya bisa menirunya,” katanya.
Eksisnya BUMDes Kesiman Kertalangu membuatnya tertarik untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, pihaknya langsung meninjau ke lapangan. Untuk selanjutnya, inovasi ini akan dijadikan proyek percontohan dan dikembangkan ke daerah lainnya di seluruh Indonesia. Dia juga berharap aplikasi ini bisa berkelas nasional. “Sehingga tidak hanya melayani di desa saja, karena potensi yang ada di Bali bisa dimanfaatkan dalam aplikasi ini,” ujar Jonggi Tambunan.
Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, mengucapkan terima kasih karena telah menunjuk BUMDes Desa Kesiman Kertalangu menjadi contoh BUMDes Berinovasi. Dia mengatakan selalu mendukung desa di seluruh Kota Denpasar untuk melakukan inovasi, salah satunya inovasi aplikasi Bumdesku yang dimiliki Desa Kesiman Kertalangu. “Dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini, aplikasi Bumdesku tersebut sangat penting dan bermanfaat oleh masyarakat karena berbagai kebutuhan pokok ada dalam aplikasi tersebut,” ungkapnya.
Selain itu, kata Alit Wiradana, masyarakat menjadi lebih gampang karena tidak perlu keluar rumah dan tidak menimbulkan kerumunan. Yang paling penting dengan memanfaatkan aplikasi ini, masyarakat yang berbelanja bisa melakukan transaksi secara langsung dari rumah, bahkan gratis biaya antar. Untuk selanjutnya aplikasi ini akan dikembangkan ke BUMDes seluruh desa yang ada di Kota Denpasar. “Kami akan berusaha supaya aplikasi ini bisa mencakup nasional sesuai dengan harapan Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri,”
pungkasnya. 026